05 Januari 2012

Programming Motivation and its Benefit

Programming dianggap pelajaran yang paling killer bagi peserta olimpiade yang baru masuk dalam dunia komputer itu sendiri. Programming - apalagi algorithm, masih saja menjadi hal yang membosankan bagi mahasiswa, apalagi peserta olimpiade yang masih tingkat pelajar :)) salah satu alasannya karena kita sendiri telah mengecam bahwa programming itu sulit, kurakura sendiri sih juga menganggap programming itu sulit :P namun kenapa kurakura tertarik untuk menjadi programmer?
Begini lho motivasinya


Bagi KuraKura sendiri
Programming akan merupakan sebuah kebanggan jika kita bisa meng-solve sebuah problem yang sulit ataupun membuat program yang berguna ataupun membuat sebuah game dengan bahasa pemograman. ini seharusnya ada pada kalian semua, yaitu sifat kesombongan. hahahaha. pamer kan hasil program kalian kepada teman-teman, ketika teman mengatakan :  "wuih, keren!" "mantab KuraKura!!". bukan kah itu memotivasi kalian sendiri? hahaha


Sulit. bukan berarti tak bisa di lakukan. Sulit itu tantangan, seperti apa yang KuraKura katakan sebelumnya bahwa kita dapat bangga dengan mengsolve problem yang sulit. lakukan terus, jangan menyerah, ketika kita berhasil, buah nya sangat manis. percayalah! hahaha


Mentok? Ulang dari awal! Maksudnya 'ulang dari awal' tuh banyak. ulang dari pelajaran sebelumnya, mengulang membuat program dari awal ataupun pikir problem itu berulang-ulang. ketika kalian masuk dalam dunia olimpiade atau kuliah, pikirkan itu terus, daripada menganggur dan menghabiskan waktu mu yang seharusnya dapat di gunakan untuk mendapatkan prestasi yang tinggi - kenapa nggak? belajar terus!!


Masih Mentok? Baca dong! tanya dong! hahaha. Menurut KuraKura, buku adalah referensi yang bagus, namun ketika algorithm yang di pelajari sangat kompleks, lebih baik kita bertanya kepada yang ahli. Jika kalian punya pertanyaan, kalian dapat bertanya pada KuraKura, mudah2an kurakura bisa menjawabnya :))


Nge-Fun dengan programming. yah itulah salah satu caranya. nge-fun dan relaxe dalam melakukan aktifitas programming. kalau kalian mau nge-fun. kalian bisa gila gila an di projecteuler atau pun mencoba menge-solve problem yang menantang di UVA online-judge. enjoy the programming. programming is boring but FUN! :))


Gak suka programming? baca paragraf ini : masalah satu ini adalah yang paling killer untuk men-down kan seseorang dalam belajar programming. alasannya pasti begini : gak ngerti, susah, dan bosan. (atau memang gak suka o.O ) hahaha. semua datang dari dalam hati kalian semua, mau belajar atau nggak. semua paragraf diatas adalah motivasinya, baca kembali dan renungkan. saya yakin yang membaca posting ini kemungkinan besar benarbenar ingin mengasah programmingnya dan memotivasi dirinya sendiri, walaupun kalian tidak suka programming, tapi niat pada diri anda saja udah ada untuk membuka posting ini. Jadi, berjuang lah untuk menemukan diri mu yang asli, sebenarnya kamu suka pada programming :)


Wuiihh. sekarang KuraKura akan lanjut ke Benefit dari programming. benefit tuh manfaat ya :P hahaha. mari kita simak



Bagi temanteman yang ikut olimpiade, untungnya banyak! 
kalian bisa menginap di Hotel Hotel berbintang ketika diadakan pelatihan oleh provinsi kalian masingmasing jika berhasil lulus. punya banyak TEMAN. MAKAN enak enak di hotel :P makan SNACK yang banyak. bersenang senang dengan teman olimpiade ketika waktu luang. dapat GAJI alias UANG! hahaha. mengharumkan nama diri sendiri dan sekolah. membahagia orang tua dan keluarga. hahaha. dan masih banyak lagi.



Bisa membuat aplikasi dan game kecilkecilan. walaupun aplikasinya buruk, yang penting berguna. hahaha. contohnya saja calculator sin cos tangen yang dapat di buat dengan program pascal, itu saja sudah cukup berguna. hahaha


Mengasah logika dan cara berpikir seperti komputer. senangnya punya logika yang tinggi dan berpikir secara realistis, manfaat itulah yang bisa kalian dapat jika belajar bahasa pemograman alias programming. logika terasah, cara berpikir sistematis juga terasah. banyaklah!


Ngefun aja! seperti yang KuraKura katakan sebelumnya bahwa kita dapat bermain di project euler ataupun menge-solve problem di UVA. yang jelas selain mendapat benefit dari 3 alasan diatas, kita juga bisa dapat fun nya. kalau kalian mau menganggap itu fun. kenapa nggak?


nampak nya sudah cukup motivasi untuk melakukan programming begitu juga dengan manfaatnya. bagi kalian yang masih belum menemukan kenapa kalian harus melakukan programming, renungkan dengan baik. lakukan semua dengan enjoy. hahaha. Enjoy programming with KuraKura's style not turtle's style :))




Bye! Salam KuraKura :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar