11 Januari 2012

Membuat Storeprocedure Select, Insert, Delete, dan Update pada Microsoft SQL Server 2005


Mari coba kita buat store procedure dari tabel barang yang terdapat pada database produk yang sudah dibuat sebelumnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 
1. Store Procedure dapat ditemukan di produk -> Programmability -> Stored Procedures. Untuk membuat store procedure baru dilakukan dengan klik kanan pada Stored Procedures, kemudian klik New Store Procedure. Dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
2. Untuk membuat store procedure select, maka ketikkan
CREATE PROCEDURE stpBarangSelectAll 
AS SELECT * FROM barang

3. Kemudian klik Execute atau tekan F5. Jika berhasil maka akan keluar pesan 
Command(s) completed successfully.
4. Refresh store procedure, maka store procedure dengan namastpBarangSelectAll akan muncul
5. Ulangi langkah 1 sampai 4 untuk membuat store procedure yang lain kecuali perintah pada langkah 2 dapat diisi dengan :
Untuk Insert dapat diketikkan syntax :
CREATE PROCEDURE stpBarangInsert @id_barang varchar(5), @nama varchar(50),@stok int, @ket varchar(5) AS INSERT INTO barang VALUES(@id_barang,@nama,@stok,@ket)

Untuk Delete dapat diketikkan syntax :
CREATE PROCEDURE stpBarangDelete @id_barang varchar(5) AS DELETE FROM barang where id_barang=@id_barang

Untuk Update dapat diketikkan syntax :
CREATE PROCEDURE stpBarangUpdate @id_barang varchar(5), @nama varchar(50),@stok int, @ket varchar(5) AS UPDATE barang SET nama=@nama,stok=@stok,ket=@ket WHERE id_barang=@id_barang
6. Setelah dibuat semua store procedure jangan lupa untuk refresh store procedure agar store procedure yang kita buat muncul. Hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Selamat mencoba. Moga success.

Selanjutnya kita akan coba bikin Web Service dari store procedure yang udah kita buat, berikut cara koneksi melalui web service yang diletakkan pada web config. Insya Allah.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar